4 Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji 1 Juta

4 Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji 1 Juta

Memiliki rumah adalah salah satu impian setiap orang. Tapi banyak orang masih mengira bahwa hanya dengan memiliki penghasilan 7 digit baru bisa punya rumah. Sebenarnya pandangan itu kurang tepat, karena jika tahu cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta, siapa pun bisa mewujudkannya.

4 Rahasia Menabung agar Bisa Beli Rumah

Jika berbicara tentang menabung, biasanya yang terbayangkan adalah menyisihkan sebagian penghasilan. Pemahaman seperti ini yang jadi salah satu penghambat bila ingin punya rumah tapi penghasilan kecil.

Harusnya seperti ini.

 

1.     Memastikan Aliran Keuangan Positif

Tahukah kamu, rahasia cara menabung beli rumah cash adalah menjaga aliran keuangan selalu positif. Artinya pemasukan lebih besar dari pengeluaran.

Meski gaji kecil, tetapi bila bisa jaga keuangan tetap positif, ada kesempatan untuk menabung dan membeli rumah suatu saat nanti.

2.     Menabung dengan Rasio 50-30-20

Kamu pasti sudah sering mendengar aturan 50-30-20 yang artinya 50% penghasilan untuk kebutuhan pokok, 30% untuk rekreasi, dan menabung 20% penghasilan.

Alasan harus menyimpan 20% adalah karena bisa mencapai keuntungan hingga 5% setiap tahun dan memungkinkan kamu bisa menikmati hasil tabungan tersebut sebelum tua. Jadi idealnya jika penghasilan 1 juta, menabung perbulan sebanyak 200 ribu.

Tapi kalau gaji 1 juta bisa menabung 100 ribu, juga tak menjadi masalah. Yang terpenting adalah kamu bisa menabung secara rutin dan menjaga aliran keuangan tetap positif.

3.     Mulai Berinvestasi

Berinvestasi adalah salah satu langkah yang membantu kamu mencapai jumlah tabungan impian dalam waktu lebih singkat daripada menabung biasa.

Ada banyak pilihan investasinya, mulai dari emas, saham, reksadana, SBN, dan masih banyak lainnya. Tetapi sebagian besar masyarakat Indonesia masih memilih emas, instrumen investasi paling aman.

4.     Mulai Amankan Keuangan Dengan Asuransi

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan agar memantapkan cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil adalah mengambil asuransi. Fungsi utamanya adalah menjaga dana tetap aman meski hal tak terduga datang menimpamu.

Asuransi paling sering diminati adalah asuransi kesehatan, mengingat setiap orang pasti pernah sakit dan biaya berobat tidak murah harganya. Kesadaran memiliki asuransi kesehatan juga makin meningkat di tahun 2019 kemarin.

 

Terlebih lagi, kini ada program asuransi kesehatan yang cukup terjangkau dan memberikan banyak manfaat. Seperti di Asuransi Receh kamu bisa mulai dapatkan perlindungan finansial dengan premi mulai dari 15 ribuan.