4 Jenis Asuransi Jiwa dan Pertimbangan Memilihnya

4 Jenis Asuransi Jiwa dan Pertimbangan Memilihnya

4 Jenis Asuransi Jiwa dan Pertimbangan Memilihnya

 

Tahukah Kamu, kalau ternyata ada beberapa jenis asuransi jiwa yang harus kamu pertimbangkan. Masing-masing jenisnya memiliki proteksi dan manfaat yang berbeda. Maka dari itu, agar tak kecewa atau salah ambil asuransi, ada baiknya Kamu mengenal 4 jenisnya terlebih dahulu.

Key Takeaways :

       Terdapat 4 jenis asuransi jiwa, yaitu berjangka, seumur hidup, dwiguna, dan unit-link

       Manfaat masing-masing asuransinya berbeda dalam jangka waktu, manfaat, serta keunggulannya

       Tak hanya memberikan proteksi, tetapi juga memberikan dana investasi atau tabungan masa depan

 

Asuransi Jiwa Berjangka

jenis asuransi jiwa seumur hidup

Jenis asuransi satu ini memberikan pertanggungan dalam jangka waktu tertentu. Jadi dalam jangka waktu tersebut tertanggung tak mendapatkan risiko, maka manfaatnya juga tak akan tertanggung dapatkan.

Namun terdapat pilihan lain agar manfaatnya tidak hangus, yaitu memperpanjang masa atau jangka waktunya. Jenis asuransi satu ini, bisa kamu pilih untuk keluarga tercinta atau orang tua yang mungkin risikonya lebih tinggi daripada anak muda.

 

Asuransi Jiwa Seumur Hidup

jenis asuransi jiwa yang memiliki unsur proteksi dan investasi adalah

Jenis kedua adalah asuransi jiwa seumur hidup, jenis asuransi jiwa seumur hidup memiliki ciri yang berbeda dari berjangka. Masa aktifnya adalah hingga tertanggung meninggal dunia. Namun terdapat banyak macam varian asuransi seumur hidup ini.

Beberapa yang terkenal adalah asuransi tradisional, di mana biaya preminya tetap sepanjang waktu. Bentuk kedua adalah asuransi last survivor, pemberian manfaatnya adalah setelah tertanggung meninggal dunia. Sedangkan bentuk terakhir adalah campuran.

 

Asuransi Jiwa Dwiguna

jenis asuransi jiwa unit link

Jenis ketiga adalah dwiguna, yaitu memberikan manfaat kepada tertanggung, baik ketika meninggal dunia atau masa tanggungannya sudah berakhir. Jenis ini mirip dengan berjangka, tetapi pihak penanggung wajib membayarkan manfaatnya ketika masa tertentu.

 

Asuransi Jiwa Unitlink

jenis asuransi jiwa

Terakhir ada jenis asuransi jiwa unit-link, yaitu perpaduan antara perlindungan finansial dan berinvestasi. Jenis satu ini cocok untuk anak muda dan generasi milenial, selain menjaga finansialnya tetap aman, namun juga membantu mencapai tujuan finansial.

Manfaat lain dari jenis asuransi jiwa yang memiliki unsur proteksi dan investasi adalah tak perlu mengurus dana investasi dan perlindungan secara terpisah. Selain itu Kamu juga memiliki masa pertanggungan lebih lama daripada jenis asuransi lainnya. Jenis ini cocok sebagai perlindungan asuransi jangka panjang.

Setelah memahami 4 jenis asuransi jiwa tersebut, kini saatnya Kamu mempertimbangkan memiliki salah satunya. Apalagi saat ini, Kamu sudah bisa berasuransi hanya dengan Rp16.400* saja di Asuransi Receh. Yuk proteksi keuanganmu sekarang dengan berasuransi!