4 Langkah Mudah Cara Merencanakan Keuangan yang Tepat

4 Langkah Mudah Cara Merencanakan Keuangan yang Tepat

Uang CiLifers selalu habis dengan cepat? Mungkin Anda belum menerapkan cara merencanakan keuangan yang tepat. Membuat rencana keuangan yang tepat bisa membantu menstabilkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Bagaimana membuat rencana keuangan yang tepat? Anda bisa mendapatkan informasi ini secara lengkap hanya di sini.

Langkah-langkah Cara Membuat Rencana Keuangan yang Tepat

 

Cara merencanakan keuangan pribadi yang tepat bisa Anda lakukan dengan 4 langkah mudah berikut ini.

1. Tentukan Tujuan Keuangan

cara merencanakan keuangan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk merencanakan keuangan adalah menentukan tujuan finansial. Tujuan finansial ini bisa berupa tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Misalnya saja Anda ingin membeli rumah, mobil, atau ada tujuan keuangan lainnya.

Dengan adanya tujuan keuangan ini, Anda bisa membuat rencana keuangan yang tepat. Selain itu, juga bisa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

2. Catat Semua Pemasukan

Cara merencanakan keuangan pribadi

Langkah selanjutnya adalah mencatat semua pemasukan. Jika Anda sudah berkeluarga, Anda harus mencatat semua pendapatan yang Anda dan pasangan peroleh. Masukkan juga pendapatan lainnya, misalnya dari usaha dan deposito.

 

3. Buat Tabel Pengeluaran

Perencanaan keuangan jangka panjang

Setelah mencatat semua pemasukan, langkah selanjutnya adalah membuat tabel pengeluaran. Sebelum membuat tabel pengeluaran, Anda bisa membuat list atau daftar kebutuhan bulanan Anda. Urutkan mulai dari kebutuhan terpenting sampai yang kurang penting.

Dalam membuat daftar pengeluaran, pembayaran hutang harus Anda dahulukan. Bayarkan juga hutang Anda tepat waktu untuk menghindari denda. Selain itu, bedakan juga antara kebutuhan dan keinginan.

4. Cadangkan Uang untuk Asuransi

Financial Planning

Perencanaan keuangan jangka panjang yang baik juga harus memastikan asuransi ada di dalamnya. Pasalnya asuransi sangatlah penting untuk meminimalisasi kerugian risiko jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

Ciputra Life mengerti, mungkin di tengah-tengah kondisi dimana biaya hidup semakin melambung dan kebutuhan juga semakin banyak, maka Ciputra Life menghadirkan Asuransi Receh dengan premi terjangkau mulai dari Rp15 Ribu untuk 1 Tahun agar Anda dan keuangan Anda selalu terlindungi.

Anda juga bisa memilih proteksi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari Asuransi Jiwa, Kesehatan, hingga Kecelakaan Receh.

 

Yuk, mulai rencanakan keuangan yang tepat dengan lengkapi proteksi Anda bersama Asuransi Receh dari Ciputra Life!