5 Cara Mengatur Keuangan agar Tidak Boros

5 Cara Mengatur Keuangan agar Tidak Boros

5 Cara Mengatur Keuangan agar Tidak Boros

 

Sebenarnya cara mengatur keuangan agar tidak boros sangat sederhana sekali, tetapi yang jadi hambatan saat ini adalah kemudahan dalam belanja online. Kamu jadi lebih mudah membelanjakan uang.

Lantas bagaimana cara mengatur keuangan agar lebih stabil bahkan bisa menabung untuk masa depan, tanpa mengorbankan kebutuhan dan keinginan untuk refreshing?

1.    Menggunakan Zero-Budgeting

Zero-Budgeting adalah sebuah teknik mengatur alokasi pengeluaran dengan memastikan uang habis setiap bulan. Caranya adalah kamu harus memahami pengeluaran bulananmu terlebih dahulu, terutama kebutuhan pokok dan cicilan.

Setelah itu keluarkan uang untuk menabung sesuai kondisi pengeluaran bulanan, sisa uangnya kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan. Dengan demikian, ruang untuk boros jadi lebih sempit.

2.    Coba Atur Keuangan Menggunakan Metode 50/30/20

Alternatif kedua adalah menggunakan saran Elizabeth Warren, yaitu alokasi 50/30/20. Artinya 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk rekreasi, dan 20% untuk menabung.

Dengan mengikuti anjuran 50/30/20, kamu memiliki cara mengatur keuangan agar bisa menabung serta lebih mudah menentukan alokasi tabungannya.

3.    Catat Pengeluaran Kecil dan Berulang

Berdasarkan tips dari Raditya Dika tentang mengelola keuangan, kamu harus jeli terhadap pengeluaran bulanan. Terutama pengeluaran kecil tetapi terus berulang, seperti parkir, biaya admin, dan ongkos kirim.

Memang kelihatannya kecil, tetapi bila kamu total dalam sebulan, bisa lumayan. Coba optimalkan biaya pengeluaran kecil tersebut, misal mengurangi belanja online, menggunakan transportasi umum, atau berlangganan. 

 

4.    Manfaatkan Promo dan Diskon

Kamu juga bisa menerapkan rumus mengatur keuangan rumah tangga ala emak-emak, yaitu memangkas harga seminimal mungkin. Maksimalkan berbagai promo dan diskon untuk barang yang kamu butuhkan sehari – hari.

Namun kamu juga harus ingat, kejar promo atau diskon biar bisa nabung, bukan buat belanja lagi. Kalau buat belanja lagi, sama saja borosnya.

 

5.    Mulai Melirik Masa Depan

Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros lainnya adalah mengatur mindset. Yaitu mulai memahami kebutuhan di masa depan.

Banyaknya kebutuhan di masa depan maupun tak terduga, secara otomatis akan membuatmu enggan membelanjakan uangmu berlebihan. Kamu juga jadi lebih suka menabung.

Bonus tips terakhir adalah memiliki jaminan keamanan finansial, salah satunya mulai melirik asuransi. Sehingga ketika ada hal tak terduga, seperti sakit, kamu tak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Lindungi diri kamu dan orang-orang tersayang dengan Asuransi Receh. Biaya premi mulai dari Rp15.000*, tenang karena terlindungi sepanjang tahun.