Batuk Tak Kunjung Sembuh? Ini Penyebabnya!

Batuk Tak Kunjung Sembuh? Ini Penyebabnya!

Pada dasarnya, batuk adalah kondisi tubuh yang bereaksi saat Anda sakit atau tenggorokan mengalami iritasi. Intinya batuk menjadi mekanisme pertahanan untuk membersihkan lendir, polutan dan alergen yang mengganggu proses bernafas. Tapi bagaimana jika batuk tak kunjung sembuh?

 

Biasanya batuk bisa sembuh dalam waktu 2 - 3 hari. Jika memang kondisinya lebih parah bisa memakan waktu hingga 18 hari. Jika batuk melewati waktu 3 minggu maka Anda perlu konsultasi ke dokter. Lalu kenapa batuk tak kunjung sembuh? Berikut adalah beberapa penyebab yang mungkin mendasarinya:

1. Kanker Tenggorokan

Sick asian glasses male adult sore throat pain hand touch neck with stressful and tension white background health ideas concept

Batuk tak kunjung sembuh padahal sudah minum obat? Ini bisa menjadi tanda kanker tenggorokan. Meskipun rata-rata penyebab kanker tenggorokan adalah status penderita sebagai perokok aktif. 

 

Namun, faktor genetik dari keluarga yang pernah menderita kanker ini juga bisa menjadi penyebab.

 

2. Asma

Young adult at home suffering from illness

Hal lain yang bisa menjadi penyebab Anda mengalami batuk terus-menerus adalah asma. Seseorang yang menderita asma akan mengalami beberapa kondisi seperti otot di sekitar jalan keluar masuk udara menegang. 

 

Selain itu, lapisan di saluran udara juga membengkak dan sel-sel di area tersebut mulai menghasilkan lendir kental. Batuk dalam asma menjadi cara tubuh untuk mendapatkan asupan udara di area-area yang bermasalah tadi.

 

3. Merokok

kenapa batuk tak kunjung sembuh

Apakah Anda pernah mendengar batuk  perokok? Kondisi ini bisa muncul ketika ada partikel dan bahan kimia dalam tembakau yang mengiritasi tenggorokan. Akhirnya, tubuh akan memulai sistem pertahanan dengan memproduksi lendir untuk meredakan batuk.

 

Banyak orang menganggap kondisi ini sepele. Namun Anda perlu ingat bahwa batuk akibat merokok bisa berujung pada COPD (Chronic Obstructive Pulmonary Disease). Ini adalah penyakit berbahaya seperti emfisema dan bronkitis kronis.

 

4. Postnasal Drip

batuk tak kunjung sembuh dan tenggorokan gatal

Postnasal drip adalah salah satu penyebab batuk tak kunjung sembuh dan tenggorokan gatal. Kondisi ini terjadi saat membran nasal mengalami iritasi akibat debu, bahan kimia, virus, alergi, hingga pembengkakan. Akibatnya muncul lendir berair dan menetes dari hidung ke tenggorokan.

Namun, batuk yang terjadi pada kondisi ini lebih banyak terjadi di malam hari saat Anda berbaring.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat mengalami batuk yang tak kunjung sembuh adalah dengan konsultasi ke dokter. Tentunya, langkah ini tidak jadi masalah saat Anda memiliki Asuransi Kesehatan Receh yang bisa mengcover biaya pengobatan.

 

Dapatkan proteksi maksimal dengan premi terjangkau mulai dari Rp16.000* per tahun hanya di Asuransi Receh!