Bukan Hanya Badan, Uang Pun Harus Sehat!

Bukan Hanya Badan, Uang Pun Harus Sehat!

Siapa yang sering melakukan pemeriksaan kesehatan guna menunjuang kehidupan agar lebih produktif? Nah ternyata check up atau pemeriksaan tidak hanya untuk kesehatan tubuh lho! Tetapi juga untuk kondisi keuangan. Sudah pernah mendengar tentang financial check up belum?


Financial check up adalah pemeriksaan kondisi keuangan yang bertujuan untuk mengetahui adanya indikasi masalah keuangan yang berdampak di masa depan. Kalau kamu sudah melakukan financial check up, berarti kamu termasuk orang yang peduli dengan kondisi keuangan. Sama halnya dengan medical check up, apabila saat financial check up terjadi masalah pada keuangan, maka perlu dilakukan penyembuhan berupa perbaikan kondisi keuangan.


Kira-kira apa saja ya hal yang diperiksa dalam financial check up? Intip informasi di bawah ini yuk!

 

·         Kondisi hutang 

Nah untuk melakukan pengecekan kondisi keuangan, biasanya perihal utang dapat menjadi masalah terbesar ketika hutang yang dimiliki seseorang sangat besar sehingga penyembuhan dan perbaikan kondisi keuangannya dibutuhkan usaha yang ekstra. 

 

·         Nilai tabungan dan investasi 

Tidak hanya hutang, saat financial check up, nilai tabungan dan investasi yang dimiliki juga akan terlihat dan kamu bisa memantau pendapatan yang kamu simpan selama ini, serta termasuk aman atau tidaknya investasi yang kamu lakukan. 

 

·         Kondisi darurat atau likuiditas 

Kondisi darurat menjadi aspek yang penting selain kondisi hutang dan menabung karena dengan memiliki cadangan dana untuk kondisi darurat, kamu akan mengetahui apakah akan timbul masalah atau tidak. Kalau kamu tidak memiliki dana lebih dan terjadi kondisi darurat, bisa-bisa kamu harus menjual aset untuk menutupi dana tersebut.

Nah! Kalau dilihat dari hal-hal yang diperiksa saat financial check up, kamu sudah bisa menerka belum kondisi finansial kamu? Nah, kalau masih bingung, kamu bisa berkonsultasi dengan financial planner mengenai kondisi keuangan kamu. Kamu juga bisa kok untuk mulai mengatur cash flow kamu dengan bijak agar pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan, bisa belajar menabung dan berinvestasi, serta berasuransi di Asuransi Receh untuk menghindari risiko yang bisa membuat kamu mengalami kerugian finansial. 

 

 

#Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life 
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diaawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan