Fakta Unik Dunia Kerja yang Perlu Kamu Tahu

Fakta Unik Dunia Kerja yang Perlu Kamu Tahu

Senin adalah hari yang paling dibenci.

Generasi milenial hobi pindah tempat kerja.

Jadi PNS adalah pekerjaan cita-cita orang Indonesia.

 

C’Lifers pasti pernah mendengar salah satu stereotip tentang dunia kerja di atas. Bicara tentang dunia kerja emang nggak ada habisnya, ya. Yuk cek fakta unik tentang dunia kerja versi Ciputra Life!

 

1. Sering lembur bikin rentan depresi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institute of Occupational Health di Finlandia dan London University menemukan bahwa sering lembur berdampak negatif bagi tubuh dan mental pekerja. Ternyata pekerja yang bekerja lebih dari 11 jam per hari berisiko 2,5 kali mengalami gejala depresi berat dibandingkan mereka yang bekerja 7 hingga 8 jam per hari.

 

2. Tidur siang tingkatkan performa kerja

Menurut NASA, tidur siang selama 26 menit mampu meningkatkan performa kerja hingga 34% lho, C’Lifers! Beberapa perusahaan raksasa seperti Google dan Nike bahkan menyediakan ruangan khusus pagi pegawainya untuk tidur siang agar produktivitas karyawannya meningkat.

 

3. Indonesia peringkat 4 negara paling produktif di kawasan ASEAN

Urutan pertama ditempati oleh Singapura dan disusul oleh Malaysia dan Thailand. Data dari Asian Productivity Organization di tahun 2016 menunjukan peningkatan walaupun tidak signifikan.

 

4. Orang Jepang gila kerja

Di Jepang, ada istilah “karoshi”, istilah yang digunakan untuk pekerja yang memiliki watak gila kerja yang berlebihan sehingga mengalibatkan gangguan kesehatan kerja bahkan kematian. Menurut penelitian departemen kesehatan, perburuhan dan kesejahteraan Jepang di tahun 2015, ada sebanyak 1.456 kasus karoshi. Jam kerja yang sangat panjang pun menjadi salah satu alasan banyaknya kasus karoshi.

 

5. Profesi di dunia digital banyak diminati generasi milenial

Menurut data dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, terungkap bahwa generasi milenial mulai meninggalkan lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan. Sementara itu, profesi yang berkutat di dunia digital seperti influencer, SEO Specialist, Social Media Strategist, App Developer, dan Web Programmer semakin banyak diminati seiring dengan menyatunya teknologi dengan kehidupan manusia.

 

Berkarir tanpa khawatir resiko finansial? Yuk, bergabung bersama Ciputra Life!

 

 

 

#Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life 
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan