Harus Keluar Rumah Saat PSBB? Catat Peraturannya

Harus Keluar Rumah Saat PSBB? Catat Peraturannya

Sejak Jumat (10/4/2020), Jakarta resmi memberlakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran virus corona. Strategi ini pun mengharuskan masyarakat untuk membatasi aktivitas di luar rumah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Namun, untuk kamu yang harus keluar rumah demi memenuhi kebutuhan hidup, ada beberapa peraturan yang harus kamu ketahui. Apa saja? Simak infonya ya, C’Lifers.

 

Boleh keluar rumah, asal…

Untuk kamu yang tetap harus keluar rumah demi memenuhi kebutuhan hidup, kamu boleh menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Tapi, kamu harus ingat bahwa penggunaan kendaraan pribadi maupun umum dibatasi. Untuk kendaraan pribadi, tidak diperbolehkan mengangkut banyak penumpang. Sedangkan untuk kendaraan umum, pembatasan jumlah penumpang juga dilakukan dan jam operasionalnya menjadi lebih pendek.

 

Tetap jaga jarak

Selalu jaga jarak fisik minimal 2 meter dengan orang di sekitar kamu ketika berada di luar rumah, ya C’Lifers. Hindari bertemu langsung dengan orang lain. Solusinya, kamu bisa memanfaatkan teknologi chatting lewat ponselmu untuk tetap terhubung dengan orang lain. Kamu juga harus menghindari keramaian untuk mengurangi risiko tertular COVID-19.

 

Tidak boleh makan di restoran

Untuk membatasi kontak fisik, kamu pun tidak boleh makan di restoran. Tapi jangan khawatir C’Lifers. Kamu tetap bisa makan makanan restoran favoritmu dengan cara take away atau bawa pulang. Solusi lainnya adalah kamu bisa memesan makanan lewat aplikasi ojek online. Untuk meminimalisir kemungkinan terbawanya virus corona pada bungkus makananmu, jangan lupa untuk mendisinfektan dan segera buang bungkus makanan, kemudian cucilah tangan menggunakan sabun. Setelah itu, langsung pindahkan makanan ke piringmu sendiri dan pakailah alat makan milik sendiri.

 

Wajib pakai masker

C’Lifers, jangan lupa untuk pakai masker ketika kamu keluar rumah ya. Kalau makser medis sudah sulit ditemukan dan harganya semakin mahal, kamu bisa menggunakan masker kain sebagai alternatifnya. Jangan lupa untuk mengganti masker setiap 4 jam dan segera cuci masker kain setelah digunakan. Sebaiknya, kamu memilih bahan masker yang mampu menahan droplet dan nyaman dipakai.

 

Terapkan protokol keluar dan masuk rumah

Untuk melindungi diri kamu sendiri dan orang lain, kamu harus menerapkan protokol keluar dan masuk rumah sesuai anjuran ya, C’Lifers. Contohnya, saat keluar rumah, kamu harus memperhatikan etika bersin atau batuk yang baik, menggunakan transaksi non-tunai, hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor. Sebelum masuk rumah, jangan bersentuhan dengan barang-barang di rumah atau anggota keluarga. Kamu diwajibkan untuk mandi dan mendisinfektan barang-barang yang kamu bawa selama keluar rumah.

Meski kamu masih diperbolehkan untuk keluar rumah demi memenuhi kebutuhan pokok, cara terbaik untuk terhindar dari virus corona adalah tetap berada di rumah, C’Lifers. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan kebersihan karena imunitas kita lah yang menjadi garda terdepan untuk melawan virus corona. Tetap semangat dan patuhi aturan pemerintah tentang penanganan virus corona.

Hal penting yang tidak boleh kamu abaikan dalam menjaga kesehatanmu adalah perlindungan dari asuransi kesehatan, C’Lifers. Percayakan perlindungan kesehatanmu kepada Ciputra Life!

 

 

#Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life 
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan