Ingin Donor Darah Saat Berpuasa? Simak 3 Tips Ini Agar Nggak Pingsan!

Ingin Donor Darah Saat Berpuasa? Simak 3 Tips Ini Agar Nggak Pingsan!

C’Lifers, seberapa rutin kamu melakukan donor darah? Idealnya, kamu bisa mendonorkan darah maksimal 6 kali dalam satu tahun dengan jarak donor minimal 3 bulan. Darah yang kamu donorkan dapat menyelamatkan banyak nyawa. Selain itu, donor darah juga bermanfaat baik bagi tubuhmu. Tapi, bagaimana jika kamu ingin mendonorkan darah saat sedang berpuasa?

 

Ketika berpuasa, tubuhmu kehilangan asupan nutrisi selama hampir 12 jam. Secara otomatis, tubuh akan kekurangan energi dari asupan makanan dan minuman. Meskipun tidak ada larangan untuk mendonorkan darah saat puasa, risiko pingsan tetap ada karena tubuh mengalami berbagai macam kondisi yang bisa memengaruhi kesehatan. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa tips untuk mengurangi risiko pingsan jika ingin mendonorkan darah ketika berpuasa.

 

1. Bentengi diri dengan simpanan gizi dan cairan yang cukup

Beberapa malam sebelum donor darah, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan tinggi gizi dan kaya akan zat besi, seperti daging merah, ayam, ikan, produk susu, kacang, bayam, dan biji-bijian. Hindari makan cepat saji atau es krim karena berpotensi mengecoh hasil tes darah.

 

2. Pilihlah waktu yang tepat

Sebaiknya, kamu mendonorkan darah setelah lewat waktu berbuka. Alasannya, setelah mendonorkan darah, kamu memiliki waktu yang cukup untuk mengisi ulang tubuhmu dengan asupan nutrisi dan cairan untuk menghindari kemungkinan pingsan. Dengan demikian, asupan nutrisi dan cairan yang kamu konsumsi akan mengembalikan energy tubuh yang hilang.

 

3. Perbanyak minum air putih dan istirahat cukup

Saat sebelum dan setelah mendonorkan darah, kamu disarankan untuk minum minimal 500 ml air agar asupan cairan dalam tubuh tetap terpenuhi setelah donor darah. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup agar tubuh kamu tetap fit untuk beraktivitas seperti biasa.

 

Setelah membaca tips donor darah saat berpuasa ini, kamu tidak perlu ragu lagi untuk menyumbangkan darah ya, C’Lifers. Selain karena manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh pendonor, darah yang kamu sumbangkan bisa menyelamatkan nyawa orang lain.

 

Risiko kesehatan bisa datang kapan saja! Pastikan perlindungan kesehatanmu maksimal dengan bergabung bersama asuransi Ciputra Life!

 

Sumber tulisan: hellosehat.com dan halodoc.com

 

 

 

 

#Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life 
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan