Kapan Jam Olahraga Pagi yang Baik? Ini Jawabannya!

Kapan Jam Olahraga Pagi yang Baik? Ini Jawabannya!

Jam olahraga pagi yang baik dapat memberikan efek yang lebih optimum bagi tubuh apabila kamu melakukannya secara rutin. Sehingga akan lebih efisien melakukan olahraga pada pagi hari, terutama bagi kamu yang sedang melaksanakan diet untuk menjaga kondisi fisik.

Selain itu berolahraga pada waktu pagi, juga memiliki beberapa manfaat positif baik bagi tubuh maupun emosional. Berikut ini uraian mengenai jam untuk olahraga pagi dan manfaatnya.

Jam Ideal Olahraga Pagi

Secara klinis tidak banyak perbedaan antara melakukan olahraga pada pagi hari dengan melakukannya di sore hari. Namun banyak yang beranggapan waktu pagi hari memiliki nilai tambah tersendiri, antara lain yaitu:

  •        Udara segar. Pada umumnya belum banyak polusi udara dari kendaraan bermotor saat pagi hari.
  •        Ultraviolet. Cahaya matahari pagi dipercaya mengandung ultraviolet yang dapat membantu tubuh dalam pembentukan vitamin D.
  •        Kondisi fisik optimum. Sebuah hasil studi menemukan berolahraga sebelum makan pada pagi hari dapat membantu membakar kalori lebih baik. Karena pada waktu pagi kamu akan lebih mudah untuk fokus pada saat melakukan olahraga.

Dengan berapa pertimbangan tadi, maka waktu untuk berolahraga sebaiknya adalah mulai jam 07:00 hingga sebelum jam 09:00 pagi. Untuk itu kamu dapat memilih waktu yang sesuai kebutuhan kamu sebelum batas jam olahraga pagi berakhir.

Manfaat Olahraga Pada Waktu Pagi

Sekalipun efek pembakaran kalori dari olahraga pagi hari dengan sore maupun malam hari tidak berbeda jauh, tapi tetap memiliki manfaat tersendiri. Berikut ini beberapa manfaat melakukan olahraga di waktu pagi.

  1. Meningkatkan Produktivitas
    Menurut Dr. Kelly McGonigal, seorang pakar psikologi Amerika Serikat, olahraga dapat meningkatkan produksi endorphin, hormon kebahagiaan. Dengan melakukan olahraga pada pagi hari, mood maupun fokus akan meningkat, demikian juga dengan produktivitas saat kamu beraktivitas.

  2. Memperbaiki Kualitas Tidur
    Sebuah studi oleh Appalachian State University, North Carolina menunjukkan jika berolahraga pada sekitar jam 7:00 pagi dapat mengurangi resiko stress dan meningkatkan kualitas tidur pada malam hari.

  3. Mempermudah Kebiasaan Rutin Olahraga
    Mengawali olahraga pagi hari memang tidak mudah, namun setelah melaluinya, fisik kamu akan terbiasa dan lebih mudah untuk menjadikannya sebagai kebiasaan rutin.

  4. Membakar Lemak Lebih Baik
    Seorang profesor dari University of North Carolina Chapel Hill, Anthony Hackney menyatakan bahwa pada pagi hari kondisi hormon akan membuat metabolisme lemak menjadi lebih baik.

"Berolahraga dengan tenang dan fokus akan lebih bermanfaat daripada melakukannya dengan tergesa-gesa."

Penutup

Dengan mengetahui jam olahraga pagi yang baik, maka kamu dapat memilih waktu yang tepat untuk mulai berolahraga. Sebelumnya jangan lupa ikut Asuransi Kecelakaan Receh maupun Asuransi Kesehatan Receh, asuransi murah dengan perlindungan maksimal, agar kamu dapat berolahraga dengan tenang dan aman.