Mengenal Apa Itu Asuransi Kesehatan dan Cara Kerjanya

Mengenal Apa Itu Asuransi Kesehatan dan Cara Kerjanya

Angka penduduk yang memiliki asuransi tiap tahun kian meningkat. Terutama setelah pandemi Covid-19, kesadaran terhadap kesehatan makin meningkat. Namun sebelum membahas lebih jauh, kenali terlebih dahulu apa itu asuransi kesehatan.

Key Takeaways :

       Asuransi kesehatan adalah jaminan terhadap biaya pengobatan, seperti perawatan rumah sakit, obat, dan operasi.

       Asuransi kesehatan dapat memberi proteksi finansial dengan meng-cover sebagian biaya perawatan.

       Semakin muda Kamu berasuransi, semakin banyak manfaat yang Kamu dapatkan.

 

Memahami Pengertian Asuransi Kesehatan

contoh asuransi kesehatan

Banyak orang mengira kalau berasuransi paling baik dimulai ketika menginjak usia rentan, atau minimal usia 30 tahun ke atas. Salah satu anggapan tersebut berdasar pada kepercayaan diri bahwa usia muda jarang sakit, sehingga tak mendapatkan banyak manfaat dari berasuransi.

Anggapan tersebut tidaklah tepat. Sebab, bila merujuk dari definisinya sendiri, asuransi kesehatan adalah jaminan terhadap seluruh atau sebagian biaya pengobatan. Dengan demikian, Kamu hanya perlu membayar sebagian atau bahkan tak perlu membayar biaya pengobatan sama sekali.

Contoh asuransi kesehatan adalah ketika harus mendapatkan rawat inap. Saat Kamu sakit dan dokter menyarankan opname, Kamu bisa menggunakan manfaat asuransinya. Biaya pengobatan dan perawatan selama durasi menginap telah terjamin dari asuransi.

 

Cara Kerja Asuransi Kesehatan: Memproteksi Finansial

biaya asuransi kesehatan

Memiliki asuransi tak hanya memberikan Kamu keringanan biaya pengobatan saja, tetapi juga memproteksi finansial. Cara kerja asuransi kesehatan sangat sederhana, Kamu membayar iuran (premi), dan nantinya ketika sakit akan mendapatkan jaminan.

Jumlah total iuran atau premi bisa jadi berbeda tiap orang, bergantung jenis asuransi, jaminan, serta manfaatnya. Dari iuran tersebut, nantinya uangnya akan digunakan untuk membantu menebus biaya pengobatan ketika Kamu sakit.

Sehingga besaran biaya iuran bisa jadi lebih kecil daripada ketika harus membayar biaya pengobatan secara mandiri. Hal ini bisa membantu mengamankan tabungan dan keuanganmu dari pengeluaran tak terduga secara masif.

 

Alasan Harus Mengambil Asuransi Sejak Dini

cara kerja asuransi kesehatan

 

Setelah tahu definisi, manfaat, dan cara kerjanya, lantas sejak kapan harus mulai berasuransi? Jawabannya sedini mungkin. Ketika Kamu mulai berasuransi sejak usia muda, beban tanggungan finansial masih belum begitu besar.

Selain itu besaran biaya asuransi kesehatan juga lebih kecil daripada memulai ketika usia sudah rawan. Terlebih lagi, dengan populernya budaya hustle culture, Kamu akan memiliki proteksi kuat bila tiba-tiba drop atau sakit saat bekerja.

Setelah tahu apa itu asuransi kesehatan dan cara kerjanya, sayang rasanya melewatkan itu. Namun Kamu juga harus memilih penyedia asuransi yang tepat, seperti Asuransi Receh. Prosesnya mudah, cepat, dan aman, selain itu kamu juga bisa memulai dari Rp16 ribuan saja. Yuk buruan berasuransi!