Perbedaan Asuransi dan BPJS, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Perbedaan Asuransi dan BPJS, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Perbedaan asuransi dan BPJS adalah dari pihak pengelolanya. BPJS dikelola oleh pemerintah, sedangkan asuransi di bawah payung perusahaan swasta.

Di luar itu, ada juga beberapa perbedaan di dalamnya mulai dari biaya premi hingga manfaatnya. Supaya tidak salah, beberapa poin di bawah ini akan menjelaskan apa saja perbedaan asuransi dan BPJS.

5 Perbedaan Asuransi dan BPJS Kesehatan

Apakah BPJS termasuk asuransi atau bukan? Sebenarnya ini lebih tepat disebut jaminan kesehatan. Namun karena manfaatnya sama, masyarakat biasanya cuma memilih salah satu antara asuransi atau BPJS. Berikut perbandingannya.

1. Biaya Premi

Ini adalah iuran wajib per bulan bagi peserta Asuransi maupun BPJS. Premi peserta BPJS mulai dari Rp35.000 hingga Rp150.000, tergantung kelasnya. Sedangkan Asuransi preminya mulai dari belasan ribu hingga ratusan ribu rupiah per bulan. Asuransi Receh, salah satu produk dari Ciputra Life misalnya, menawarkan premi sekali bayar yang murah banget untuk jaminan satu tahun.

 

2. Limit Pertanggungan

Pertanggungan oleh pihak asuransi untuk menutup biaya perawatan di klinik atau rumah sakit.

BPJS: Pertanggungan BPJS sesuai kelasnya tanpa limit jumlah hari rawat.

 

Asuransi: Pada asuransi swasta kamu bebas memilih ruang perawatan selama sesuai dengan limit pertanggungan. Ini terkait dengan biaya perawatan harian dan hari rawat.

3. Manfaat Asuransi

Manfaat asuransi mencakup layanan apa saja yang kamu dapatkan.

BPJS: Perawatan dalam tanggungan BPJS sebenarnya sudah lumayan lengkap, termasuk kehamilan. Tetapi kamu tidak akan menemukan jaminan jiwa.

 

Asuransi: Secara keseluruhan, asuransi setara dengan BPJS. Kelebihan manfaat asuransi kesehatan swasta adalah memiliki produk jaminan jiwa.

 

4. Prosedur Klaim

Perbedaan asuransi pemerintah dan swasta yang cukup signifikan adalah prosedur klaim.

BPJS: Sebelum ke rumah sakit, pasien harus mendapat rujukan dari faskes tingkat pertama.

 

Asuransi: Klaimnya tidak berbelit, lebih cepat dan mengedepankan kenyamanan pasien. Jika Anda ikut Asuransi Receh, klaimnya cair dalam 24 jam jika syarat-syaratnya lengkap.

5. Jangkauan Layanan

Sakit dan kemalangan tentu tidak bisa diprediksi kapan dan di mana akan terjadi. Bagaimana kalau kamu tiba-tiba jatuh sakit waktu sedang liburan ke luar kota?

BPJS: Harus ada surat pengantar dari kantor BPJS setempat untuk bisa terlebih dahulu berobat ke faskes tingkat pertama.

 

Asuransi: Kelebihan asuransi swasta adalah selama pihak rumah sakit bermitra dengan pihak terkait maka kamu tinggal mendaftar.

 

Adakah Asuransi Kesehatan Murah Selain BPJS?

Dari pembahasan tadi, sekarang kamu telah mengetahui perbedaan asuransi dan BPJS kan. Asuransi tidak harus selalu mahal, kamu bisa menjamin kesehatan dan keselamatanmu dengan premi paling terjangkau di Asuransi Receh dari Ciputra Life. Klik disini untuk mendapatkan proteksinya sekarang.