Tabungan Emas Sebagai Investasi Terbaik

Tabungan Emas Sebagai Investasi Terbaik

Investasi bisa jadi masih menjadi hal yang asing untuk generasi saat ini, masih banyak generasi sekarang yang berpikir kalau investasi adalah milik orang yang sudah berkeluarga dan mapan. Seharusnya investasi sudah dimulai sejak dini dan hal mutlak yang harus dilakukan.

 

Ada banyak cara berinvestasi termasuk instrument investasi yang dipilih harus sesuai dengan kebutuhan dan profil kita dalam berinvestasi.

Ada berbagai macam cara untuk berinvestasi termasuk instrument investasinya, salah satunya adalah investasi emas yang bisa dijadikan salah satu pilihan investasi.

Investasi emas adalah pilihan investasi yang paling mudah dilakukan karena kamu bisa investasikan dalam bentuk emas batangan dan perhiasan, selain itu investasi emas juga dapat disesuaikan dengan budget kamu. Investasi ini memiliki risiko relatif tidak tinggi serta jangka waktunya cukup fleksibel.

Tahun 2018 ini, investasi emas masih menjadi pilihan investasi terbaik. Diambil dari liputan6.com, terbitan outlook komoditas emas tahun 2018, Bloomberg, menyebutkan kalau emas masih menjadi pilihan safe heaven asset bagi investor. Tertarik? Berikut informasinya!

Keuntungan Investasi Emas

Ada beberapa keuntungan yang bisa dapatkan melalui investasi emas.

Pertama, emas dapat dengan mudah dicairkan. Jika investasi dalam bentuk lainnya cukup sulit dicairkan dan hanya bisa diklaim pada waktu tertentu, emas bisa secara leluasa dicairkan dalam bentuk uang tunai. Prosesnya juga relatif lebih cepat dan mudah.

Kedua, kamu tidak perlu memikirkan soal pajak dalam berinvestasi emas. Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan investasi saham yang keuntungannya terkadang harus dipotong  pajak terlebih dahulu

Ketiga, berinvestasi emas juga bisa melindungi kekayaan kamu. Emas memiliki kecenderungan mengalami peningkatan nilai dari tahun ke tahun. Sehingga, emas cocok untuk melindungi kekayaan kamu tanpa khawatir tergerus inflasi. Harga emas yang selalu stabil dan cenderung naik, dapat dengan mudah dijual kembali dan memberikan hasil balik yang lebih besar.

Dalam berinvestasi emas, kamu juga tak perlu melakukannya dalam jumlah besar. Kamu bisa dengan mudah membelinya dalam bentuk perhiasan. Profit yang ditawarkan juga cukup menggiurkan. Tak heran saat ini sudah banyak bermunculan toko-toko emas yang peminatnya sampai masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah.

Tabungan Emas

Tabungan emas merupakan produk yang beberapa waktu lalu diluncurkan oleh PT Pegadaian. Salah satu BUMN terbesar di Indonesia itu meluncurkan produk tabungan emas yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Tabungan emas sendiri merupakan layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan yang menawarkan harga terjangkau. Masyarakat pun bisa dengan mudah berinvestasi emas dengan cara ini.

Beberapa keunggulannya diantaranya Pegadaian Tabungan Emas tersedia di Kantor Cabang seluruh Indonesia. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau. Memberikan layanan petugas yang profesional. Sebagai alternatif investasi yang aman untuk menjaga portofolio aset, hingga mudah dan cepat dicarikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Bentuk Lain Investasi Emas

Ada beberapa pilihan investasi emas lainnya yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Pertama ada investasi beli emas koin atau barangan. Investasi emas paling klasik satu ini sering dilakukan orang-orang berpenghasilan tinggi zaman dulu. Menimbun emas dalam bentuk fisik untuk diwariskan kepada anak cucu.

Meskipun cara ini cukup klasik atau tradisional, namun membeli emas langsung di toko emas dalam bentuk fisik masih menjadi favorit. Menawarkan harga emas yang cukup terjangkau, serta mudah untuk dijual kembali ketika dibutuhkan, membuat emas koin atau batangan menjadi pilihan. Terlebih dalam 3-5 tahun mendatang, harga emas bisa naik signifikan saat dijual.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari investasi emas berbentuk fisik ini. Namun kekurangannya adalah, kamu perlu memiliki tempat penyimpanan khusus. Asuransi untuk mengamankan aset emas juga sebaiknya kamu lakukan. Biaya yang harus Anda keluarkan juga tidak murah. Hal ini bisa jadi pertimbangan kamu.

Selanjutnya, kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan melakukan trading emas. Meskipun bagi sebagian kalangan trading emas bukanlah bentuk investasi, namun melakukannya bisa jadi cara terbaik mendapat keuntungan emas daripada memegangnya. Sehingga, kamu tak perlu bingung menyimpan emas dalam bentuk fisik dan mengeluarkan biaya lainnya.

Terakhir, kamu bisa melakukan investasi emas dengan membeli saham perusahaan yang operasionalnya terkait dengan penambangan. Perlu diingat, investasi emas satu ini memiliki risiko besar dengan keuntungan yang besar pula. Kamu membutuhkan wawasan dan pengetahuan luas untuk terjun dalam investasi ini meskipun banyak orang masih sering mengandalkannya.

Mulailah berinvestasi dengan bijak sejak dini untuk masa depan yang lebih baik.

Semoga bermanfaat!