5 Alasan Mengapa Harus Makan Lebih Pelan

5 Alasan Mengapa Harus Makan Lebih Pelan

Tinggal di lingkungan perkotaan yang serba cepat memang bisa memberi kamu berbagai hal positif dan negatif. Positifnya, kamu sudah terbiasa dengan perubahan lingkungan sekitarmu dan bisa beradaptasi dengan mudah. Negatifnya, seringkali kamu tergesa-gesa melakukan aktifitasmu demi mengimbangi tuntutan perubahan yang cepat seperti berpikir, berkendara, bahkan saat makan. Namun, sadarkah C’Lifers bahwa makan dengan cepat ternyata kurang baik kamu terapkan ke gaya hidupmu?

 

Dikutip dari Zen Habits karya Leo Babauta, makan dengan tergesa-gesa ternyata berpotensi membuatmu stres dan menjerumuskanmu ke dalam hidup yang tidak sehat lho, C’Lifers. Mau tahu manfaat makan lebih pelan bagi kesehatan dan gaya hidupmu? Yuk simak di bawah ini!

 

1. Menurunkan berat badan

Tahukah C’Lifers bahwa otak kita membutuhkan setidaknya 20 menit untuk mengirimkan sinyal kenyang ke kamu? Banyak penelitian yang membuktikan bahwa hanya dengan makan lebih pelan, kamu akan mengonsumsi lebih sedikit kalori. Kalau kamu makan dengan cepat, kamu akan terus-terusan makan melewati titik rasa kenyang kamu. Makan dengan pelan memberikan kamu waktu untuk menyadari bahwa kamu udah kenyang dan berhenti tepat waktu.

 

2. Menikmati makanan

Bayangkan kamu sedang menyantap makanan lezat yang sudah lama ingin kamu makan. Kalau kamu makan dengan tergesa-gesa, apa gunanya? Cobalah untuk menikmati makanan kamu secara perlahan dan rasakan citarasanya. Jadikan pengalaman makan kamu kenikmatan, bukan sesuatu yang dilakukan dengan terburu-buru.

 

3. Membantu pencernaan bekerja dengan lebih baik

System pencernaan kita dimulai dari mulut. Sederhananya, saat kamu makan dan mengunyah dengan pelan, kamu memberi cukup waktu bagi organ pencernaanmu untuk melakukan tugas mereka, C’Lifers. Pada akhirnya, kebiasaan ini akan membantu mengurangi masalah pencernaan yang sering kamu hadapi.

 

4. Menghindari stres

Stres dan makan, apa hubungannya? Ketika kamu merasa sedih tertekan, pasti ada kecenderungan kamu makan dengan lebih sedikit atau lebih banyak. Begitu juga kondisi emosional berkaitan dengan kecepatan makan kamu. Hindari makan dengan tergesa-gesa sambil memikirkan apa yang akan kamu lakukan selanjutnya. Efek jangka panjangnya, kamu berpotensi mengalami stres karena kamu selalu merasa cemas akan apa yang akan terjadi bahkan ketika kamu sedang makan.

 

Lalu, gimana cara makan dengan lebih lambat? Gigit makanan kecil-kecil, kunyah lebih lambat dan lebih lama, dan nikmati makananmu. Kamu memang menghabiskan waktu makan lebih lama dari biasanya. Namun, kalau kebiasaan kecil ini dapat membuat gaya hidupmu menjadi lebih baik, kenapa tidak?

 

Makan dengan lebih pelan agar kesehatan tubuh kamu tetap terjaga. Jangan lupa beli produk asuransi Ciputra Life biar kamu semakin aman!

 

 

 

#Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life 
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan