5 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Harus Kamu Hindari Sekarang Juga

5 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Harus Kamu Hindari Sekarang Juga

Gaya hidup tidak sehat dapat berpengaruh buruk pada kesehatan maupun kehidupan kamu. Sehingga banyak dampak gaya hidup tidak sehat yang akan kamu rasakan bila tidak menghindarinya.

Selain dapat mendatangkan penyakit, akibat gaya hidup tidak sehat juga dapat berpengaruh buruk pada berbagai aspek kehidupan kamu. Untuk itu pahami contoh gaya hidup maupun dampak berikut ini yang perlu kamu hindari.

 

5 Contoh Gaya Hidup Tidak Sehat

Banyak kebiasaan sehari-hari yang ternyata termasuk dalam pola hidup yang tidak sehat. Berikut ini beberapa contohnya.

1. Merokok dan konsumsi alkohol.

Merokok dan mengkonsumsi alkohol dapat mendatangkan berbagai penyakit. Sebuah hasil studi oleh ahli dari Harvard, menunjukkan wanita yang rutin mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan peluangnya terkena kanker.

2. Pola makan dan tidur tidak seimbang.

Untuk pemulihan, tubuh memerlukan cukup tidur serta asupan gizi yang cukup. Pola makan maupun tidur yang buruk dapat menimbulkan resiko diabetes, gangguan berat badan maupun penyakit yang berhubungan dengan jantung seperti hipertensi dan stroke.

3. Penggunaan obat tanpa aturan.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) menemukan penggunaan obat tanpa mengikuti aturan telah menyebabkan 30-50% kegagalan pengobatan penderita penyakit dan 125.000 kematian.

Menggunakan gadget seperti HP, Laptop, atau  Tablet secara berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Paparan blue light dari layar gadget secara terus menerus dapat mempengaruhi kesehatan kita. Terutama masalah kesehatan mata dan pola tidur.

4. Kecanduan Gadget

 

Menggunakan gadget seperti HP, Laptop, atau  Tablet secara berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Paparan blue light dari layar gadget secara terus menerus dapat mempengaruhi kesehatan kita. Terutama masalah kesehatan mata dan pola tidur.

5. Seks bebas.

Melakukan hubungan seks secara bebas dengan berganti-ganti pasangan tanpa memperhatikan kesehatan, dapat meningkatkan risiko penularan penyakit menular seksual termasuk Virus HIV.

Dampak Negatif Pola Hidup Yang Tidak Sehat

Kelima kebiasaan buruk tadi selain dapat mendatangkan berbagai penyakit gaya hidup tidak sehat, juga berakibat pada berbagai aspek antara lain :

  • Penurunan produktivitas. Gangguan kesehatan dapat mempengaruhi kinerja seseorang. Jika kondisi kesehatan kamu memburuk dapat mengganggu kreativitas maupun produktivitas.
  • Masalah finansial. Penurunan produktivitas sedikit banyak dapat membawa pengaruh buruk pada penghasilan maupun kondisi keuangan kamu
  • Gangguan hubungan sosial. Gangguan kesehatan juga dapat mengganggu hubungan sosial seseorang. Misalnya sangat jarang asuransi yang mau menerima calon nasabah yang terkena penyakit kronis terutama AIDS.

"Meningkatkan kualitas hidup dapat diawali dengan membudayakan hidup sehat. Sedangkan budaya hidup sehat dapat dimulai dengan menjauhi gaya hidup tidak sehat."

 

Penutup

Untuk menerapkan budaya hidup sehat, kamu harus menghindari gaya hidup tidak sehat, contohnya yang sudah kami sebutkan di atas. Selain itu, miliki juga asuransi sebagai persiapan jika sewaktu-waktu kesehatanmu bermasalah. Kamu bisa memilih Asuransi Kesehatan Receh, asuransi dari Ciputra Life yang murah dan terjamin.