Glenn Fredly Mengidap Meningitis, Kenali Penyebabnya

Glenn Fredly Mengidap Meningitis, Kenali Penyebabnya

Meningitis adalah peradangan yang terjadi pada meningen, yaitu lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Penyakit ini terkadang sulit dideteksi karena memiliki gejala awal yang mirip flu, seperti demam dan sakit kepala. Lalu, apa penyebab munculnya meningitis? Simak penjelasan lengkapnya ya, C’Lifers.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab meningitis, seperti infeksi bakteri, virus, jamur, atau parasit. Dalam kondisi tertentu, melemahnya imun tubuh juga dapat memicu penyakit ini.

Meningitis yang disebabkan oleh bakteri dapat menular. Beberapa jenis bakteri yang dapat menularkan penyakit ini adalah:

Streptococcus pneumonia yang terdapat di hidung, sinus, dan saluran pernapasan.

Neisseria meningitides yang dapat menyebar lewat air liur atau lendir saluran pernapasan.

Haemophilus influenza yang menyebabkan meningitis pada anak-anak. Selain meningitis, bakteri ini juga dapat menyebabkan infeksi pada darah, tenggorokan, kulit, dan sendi.

Listeria monocytogenes yang biasanya ditemukan pada makanan seperti melon, keju, dan sayuran mentah.

Staphylococcus aureus yang umumnya ditemukan pada kulit dan saluran pernapasan.

Penyakit meningitis yang disebabkan oleh virus tergolong ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya, namun lebih mudah menyebar. Beberapa virus yang menyebabkan meningitis adalah virus kelompok enterovirus, virus herpes simplex, HIV virus West Nile, dan coltivirus. Virus-virus ini dapat menyebar melalui udara, seperti saat batuk atau bersin dan barang yang digunakan bersama yang sudah terkontaminasi virus ini.

Meningitis yang disebabkan oleh jamur masih termasuk jarang ditemukan. Kasus seperti ini bisa terjadi pada orang dengan daya imunitas yang lemah, seperti penderita kanker dan AIDS. Beberapa jamur penyebab meningitis adalah cryptococcus, blastomyces, histoplasma, dan coccidioides yang dapat ditemukan pada kotoran burung dan kelelawar. Jamur dapat menyebar melalui tanah atau debu dan terhirup oleh pasien.

Sedangkan, meningitis parasit seperti Angiostrongylus cantonensis dan Baylisascaris procyonis tidak dapat menular lewat kontak langsung. Parasit ini umum ditemui pada hasil bumi, kotoran, makanan, hewan laut seperti siput, dan unggas. Orang yang makan makanan berbahan dasar hewan laut dan unggas atau melakukan aktivitas seperti berenang berisiko terkena penyakit meningitis.

            Setelah mengetahui penyebab meningitis, sebaiknya kamu lebih berhati-hati ya, C’Lifers. Jangan lupa juga untuk rutin memeriksakan kesehatanmu untuk melakukan deteksi dini agar kamu lebih tenang.

 

Sumber tulisan: alodokter.com

 

 

 

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan