Nyeri Tulang Saat Malam Hari Pertanda Kanker Tulang? Waspada!

Nyeri Tulang Saat Malam Hari Pertanda Kanker Tulang? Waspada!

Apakah C’Lifers sering mengalami nyeri tulang yang semakin terasa memburuk di malam hari? Kalau iya, kamu patut waspada. Pasalnya, salah satu gejala utama kanker tulang adalah nyeri tulang yang terasa kian memburuk di malam hari. Meskipun hanya terjadi sekitar 1% dari beragam jenis kanker, kamu perlu tahu fakta dan gejala kanker tulang agar bisa melakukan deteksi dini. Cek di bawah ini ya, C’Lifers!

Kanker tulang adalah jenis kanker yang menyerang tulang mana pun di dalam tubuh kita. Umumnya, kanker ini menyerang tungkai, lengan, dan panggul. Tidak tanggung-tanggung, jenis kanker ini dapat dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa. Namun, kanker tulang pada anak hanya terjadi sekitar 3% dari seluruh kasus penyakit kanker pada anak.

Kenali 3 gejala utama kanker tulang, yaitu:

Nyeri

Penderita kanker tulang akan merasa nyeri pada area tulang yang terserang kanker. Awalnya, nyeri hanya terasa sesekali. Namun seiring pertumbuhan kanker, nyeri semakin terasa saat bergerak dan memburuk saat malam hari.

Pembengkakan

Area tulang yang terkena kanker akan terlihat membengkak dan meradang. Jika terjadi di area persendian, penderita akan sulit menggerakkan sendi.

Tulang rapuh

Kanker tulang dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh. Jika semakin parah, cedera ringan yang dialami penderita bisa menyebabkan patah tulang.

Selain gejala utama, ada beberapa gejala lain yang dialami oleh penderita kanker tulang, seperti:

Berat badan turun tanpa sebab

Berkeringat di malam hari

Tubuh mudah lelah

Demam

Sensasi kebas atau mati rasa, bila kanker terjadi di tulang belakang dan menekan saraf

Sesak nafas, bila kanker tulang menyebar ke paru-paru

 

Sayangnya, nyeri tulang pada orang dewasa sering disalahartikan sebagai radang sendi. Sedangkan pada remaja dan anak-anak, terkadang dianggap sebagai efek samping pertumbuhan tulang. Jika kamu mengalami gejala-gejala di atas, jangan sepelekan dan segeralah periksakan ke dokter.

Ada beberapa cara untuk mengobati kanker tulang, seperti operasi pengangkatan tulang, amputasi, kemoterapi, dan radioterapi. Mengingat pengobatan yang harus dijalani dalam waktu relatif lama dan biaya yang tidak sedikit, ada baiknya kamu menyiapkan perlindungan kesehatanmu sejak dini dengan cara berasuransi. Asuransi Ciputra Life hadir untuk kamu yang ingin punya proteksi kesehatan tanpa biaya yang mahal. Apa saja produknya? Cek di sini.

Selamat Hari Kanker Tulang Sedunia!

 

Sumber tulisan: alodokter.com

 

 

#Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life 
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan