Kenalan dengan Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya!

Kenalan dengan Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya!

Siapa yang tak kenal dengan musuh sejuta umat ini? Yap! Jerawat! Jerawat merupakan masalah kesehatan kronis yang bisa terjadi pada siapapun. Namun, 85% korbannya ada di usia remaja nih. Jerawat bisa terjadi pada kamu yang perempuan atau laki-laki lho! Secara umum penyebab jerawat disebabkan karena adanya produksi kelenjar minyak kulit yang berlebih, hiperkeratinisasi, respon imun, dan pertumbuhan bakteri.

 

Tapi kamu tahu nggak sih kalau sebenarnya jerawat mempunyai beberapa tipe yang bisa terjadi di kulit wajah. Kenali jenisnya dari penjelasan berikut ya!

1. Blackhead
Siapa yang bagian hidungnya terasa kasar dan berwarna hitam? Jenis jerawat ini lebih dikenal dengan komedo. Blackhead sendiri merupakan jenis jerawat yang disebabkan akibat pori-pori yang tersumbat minyak, bakteri, dan sel kulit mati yang muncul ke permukaan kulit. Penghambatan ini kemudian mengalami oksidasi antara melanin dan oksigen yang menimbulkan warna hitam. Jenis jerawat ini merupakan jenis jerawat yang tidak menyebabkan peradangan sehingga obat atau terapi dengan retinoids bagus untuk mengusir blackhead kamu loh.

 

2. Papule
Jerawat merah emang suka bikin kesal ya sobat C’Lifers. Nah, kamu harus tahu kalau itu adalah jenis jerawat papul. Biasanya jerawat ini tidak begitu besar, cenderung kecil tanpa mata jerawat. Tapi kamu jangan sampai memencet jerawat ini ya sobat karena bisa membuat bekas jerawat di wajah kamu. Penggunaan obat yang mengandung benzoyl peroxide dapat menjadi pengobatan untuk jenis jerawat ini loh.

 

3. Pustule
Jerawat yang sering terjadi ini ditandai dengan adanya warna putih atau kuning di tengahnya. Suka gemas ya kalau lihat jerawat seperti ini? Tapi ingat ya! jangan pernah memencet jerawat jenis ini apalagi dengan tangan. Kamu bisa mengobati jerawat ini ketika jerawat ini pecah agar pengobatannya lebih efektif. Untuk pengobatannya, kamu bisa gunakan krim atau obat yang mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, dan retinoids. Penggunaan obat yang mengandung benzoyl peroxide harus rutin ya!

 

4. Nodule
Pasti kesal banget ya kalau jerawat yang mampir di kulit besar banget. Jerawat besar ini biasanya berbentuk merah besar dan adanya nanah di tengah jerawatnya. Jerawat ini yang biasanya menyebabkan bekas jerawat yang sulit dihilangi. Jadi, untuk perawatannya kamu lebih baik berkunjung ke dokter kulit ya. Pengobatan efektif dalam masalah jenis jerawat ini biasanya adalah oral antibiotik. Tapi selalu ingat ya! konsumsi antibiotik harus sesuai dengan waktu yang ditentukan dan diawasi oleh dokter kulit.

 

5. Kistik
Jerawat merah kecil yang menimbulkan bekas disertai lubang yang dalam. Kalian pernah lihat jerawat kemerahan yang menimbulkan bekas yang membuat lubang di permukaan wajah? Ini dia jenis jerawatnya! Dari klasifikasi pengobatannya, jerawat ini masuk dalam kategori dengan keparahan yang tinggi lho! Wah kayanya perlu jaga kesehatan kulit dengan baik ya agar terhindar dari jerawat. Pengobatan jenis jerawat ini akan efektif jika konsumsi Accutane. Tapi perlu diingat ya, konsumsinya harus di monitor oleh dokter kulit.

 

6. Scar
Beberapa sumber mengklasifikasikan scar masuk dalam kategori jenis jerawat. Scar sendiri itu sebenarnya lubang pada permukaan kulit yang disebabkan karena adanya jerawat. Keparahan dari jenis jerawat ini cukup serius. Jadi, konsultasikan ke ahli ya kalau kamu mengalami permasalahan ini. Kamu bisa menggunakan obat atau krim yang mengandung retinoids untuk memperhalus permukaan kulitmu dan AHA untuk menghilangkan scars pada kulit kamu.

 

Buat kamu yang lagi perawatan atau dalam penyembuhan jerawat jangan lupa untuk jaga kebersihan diri ya dan jangan lupa untuk lakuin hal dibawah ini :  

  • Hindari penggunaan makeup yang bersifat comedogenic dan pastikan oil free ya untuk menghindari sumbatan pori akibat makeup yang kamu gunakan
  • Gunakan lotion pelindung matahari

 

 

Urusan kesehatan jangan dianggap spele, Urusan asuransi hanya Ciputra Life. Beli produknya di www.ciputralife.com sekarang! 

 

 

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan