Penasaran Cara Kerja Asuransi Kesehatan? Yuk, Baca!

Penasaran Cara Kerja Asuransi Kesehatan? Yuk, Baca!

Ketika memasuki dunia kerja, biasanya CiLifers akan mendapat saran untuk memiliki asuransi kesehatan. Namun, apa sebenarnya asuransi kesehatan itu sendiri? Bagaimanakah cara kerja asuransi kesehatan di Indonesia?

Asuransi kesehatan merupakan asuransi yang dapat memberikan jaminan tanggungan medis dan pengobatan pemegang polis asuransi. Hal yang ditanggung asuransi kesehatan meliputi biaya obat-obatan, pembedahan, dan perawatan.

Pihak asuransi biasanya akan mengganti sesuai dengan kemampuan. Nantinya, yang membayar premi yang lebih besar akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Nah, untuk memahami lebih lanjut tentang cara kerja asuransi, berikut kami berikan informasinya khusus untuk CiLifers!

Cara Kerja Asuransi Kesehatan

Setelah CiLifers memahami apa itu asuransi kesehatan, berikut kami paparkan bagaimana sistem asuransi dan cara kerjanya.

  • Pilihan Jenis Asuransi Kesehatan

sistem asuransi di Indonesia

Sebelum mendaftar asuransi kesehatan, perlu Anda pahami jenis asuransi kesehatan mana yang dibutuhkan. Asuransi kesehatan berdasarkan perawatannya dapat dibagi menjadi asuransi rawat jalan dan asuransi rawat inap.

Selanjutnya, Anda dapat menyesuaikan dengan situasi dan jangan sampai salah memilih.

  • Membuat dan Mengurus Polis Asuransi Kesehatan

cara kerja asuransi kesehatan

Setelah mengetahui jenis yang sesuai, maka Anda perlu untuk membuat dan mengurus polis asuransi. Polis merupakan dokumen yang berisikan informasi lengkap mengenai perjanjian asuransi. 

Pastikan Anda membaca polis dengan cermat. Sehingga, manfaat yang Anda dapatkan bisa sesuai dan tidak kesulitan dalam proses klaim bila Anda membutuhkannya.

  • Membayar Premi

Premi asuransi merupakan biaya yang perlu Anda bayar sebagai pemegang polis agar manfaat dan keuntungan polis dapat berlaku. Premi wajib nasabah bayar tiap bulannya dengan tepat waktu agar tidak ada masalah dalam kerja asuransi.

  • Klaim Asuransi Kesehatan

Selanjutnya, informasi sistem asuransi di Indonesia adalah adanya klaim asuransi kesehatan. CiLifers dapat mengajukan klaim jika membutuhkan perhatian medis yang berada dalam cakupan polis. 

Tata cara dan dokumen yang Anda butuhkan untuk melakukan klaim akan berbeda. Hal ini tergantung dengan perusahaan asuransi masing-masing.

 Asuransi Kesehatan dengan Premi Ekonomis

hal yang ditanggung asuransi

Kini Anda bisa dapatkan proteksi kesehatan cukup 1x bayar premi mulai dari Rp16.000* untuk terlindungi selama 1 Tahun. Dimana lagi kalau bukan di Asuransi Receh? Yuk, lindungi orang-orang tersayang dengan Asuransi Kesehatan Receh!