Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan Keluarga

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan Keluarga

Asuransi kesehatan keluarga merupakan salah satu fasilitas yang saat ini sangat penting keberadaannya. Terlebih UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan UU No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, mewajibkan setiap WNI untuk mengikuti program BPJS.

Sehingga, dengan asuransi kamu bisa mendapatkan layanan perawatan kesehatan yang lebih mudah. Asuransi juga memberikan kepastian layanan fasilitas kesehatan bagi keluarga. Berikut ini penjelasan mengenai produk jaminan kesehatan bagi keluarga serta tips untuk mencarinya.

 

Apa Itu Asuransi Kesehatan Keluarga ?

Asuransi keluarga adalah jenis produk jaminan santunan biaya kesehatan yang kontraknya meliputi anggota keluarga dari nasabah asuransi tersebut. Perbedaannya dengan asuransi kesehatan umum terletak pada jumlah tertanggung serta pembayaran premi yang tercantum dalam polis (kontrak asuransi).

Pada umumnya nilai premi yang perlu kamu bayar akan lebih besar daripada asuransi kesehatan individu. Karena pada asuransi keluarga jumlah yang akan mendapat jaminan lebih banyak, sesuai jumlah anggota keluarga yang dimasukkan dalam polis.

Sekalipun kamu dan keluarga telah terdaftar pada BPJS kesehatan, menggunakan asuransi tambahan dapat memberikan manfaat tersendiri. Khususnya untuk menjaga risiko yang belum tertutupi oleh program BPJS.

 

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

Selain dari manfaat yang ditawarkan, berikut ini ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih produk penjamin kesehatan keluarga. Agar manfaat yang kamu terima bisa memenuhi kebutuhan kamu sekeluarga.

1. Pelajari kondisi kesehatan keluarga.

Mempelajari kondisi fisik maupun kesehatan keluarga, dapat mempermudah kamu dalam mengetahui resiko kesehatan apa saja yang mungkin terjadi. Misalnya buat daftar penyakit yang sering dialami oleh anggota keluarga. Dengan demikian akan memudahkan dalam memperkirakan kebutuhan biaya kesehatan bagi keluarga.

2. Pahami manfaat yang tersedia.

Manfaat dan jaminan yang tersedia pada tiap produk asuransi tidaklah sama. Sehingga pelajari dengan baik mana yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan keluarga kamu. Dengan demikian kamu dapat memperkirakan berapa biaya asuransi kesehatan yang menjadi kebutuhan kamu.

3. Sesuaikan dengan kondisi keuangan.

Pada situasi perekonomian yang kurang menentu saat ini, perkirakan jangka waktu pemakaian asuransi tambahan serta manfaatnya. Sesuaikan paket perlindungan dengan kesiapan finansial keluarga. Jika kamu memiliki penghasilan tetap, idealnya kamu dapat mengalokasikan sampai dengan 5% gaji untuk asuransi kesehatan.

 

 "Setiap produk asuransi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pelajari dengan baik sebelum membelinya agar mendapat yang sesuai kebutuhan."

 

Penutup

Dengan memahami kriteria pemilihan asuransi kesehatan keluarga, kamu bisa memilih produk tambahan yang tidak membebani anggaran keluarga. Sebagai rekomendasi kamu dapat menggunakan Kesehatan Receh asuransi kesehatan keluarga murah dengan garansi klaim 24 jam.

 

Dengan harga premi termurah, hanya Rp16.000/tahun per orang, kamu sudah terdaftar pada Kesehatan Receh yang akan memberikan santunan biaya kesehatan pada saat rawat inap. Info selengkapnya ada disini!